Pesona Garis Pantai Ujong Manggeng

Rawohnanggroe | Memiliki pantai yang luas dengan pasir ke abu-abuan, ditambah rerimbunan pohon cemara yang berjejer rapi memenuhi sepanjang garis pantainya. Itulah sedikit gambaran mengenai pantai yang terletak di Desa Sejahtera, Manggeng, Kabupaten Aceh Barat Daya.
Kuala, tidak jauh dari Ujong Manggeng | Foto: Khairil

Terbentang dari muara Krueng Manggeng hingga Kuala Lhok Pawoh, menjadikannya sebagai pantai yang sangat panjang. Pantai ini sering dikunjungi wisatawan lokal pada saat tertentu, seperti hari minggu, lebaran, rabu abeh atau pada hari biasa untuk sekedar menikmati matahari tenggelam (sunset).

Pantai Ujoeng Manggeng memang menawarkan garis pantai yang panjang nan luas. Pohon-pohon cemara rindang senantiasa memberi keteduhan. Kondisi inilah yang membuat pantai ini diminati oleh pengunjung.

Mencapainya, perjalanan dari Kedai Manggeng yang merupakan pusat kecamatan lebih kurang lima kilometer ke arah barat. Lokasinya bisa ditempuh dengan roda dua atau roda empat. Fasilitas jalan menuju ke Ujong Manggeng sudah cukup memadai. Bagi yang baru pertama kali ke sini, ikuti saja petunjuk arah menuju ke lokasi pantai.

Jika sudah sampai, cobalah menyusuri pantainya yang landai hingga ke Kuala Lhok Pawoh. Di sini terdapat dua situs yang bisa dilihat, yaitu sebuah makam seorang ulama lokal dan situs tapak raksasa. 

Konon katanya tapak tersebut ada kaitan dengan legenda Tuan Tapa dan Putri Naga di Tapaktuan. Situs ini beberapa tahun lalu sempat terkena abrasi, namun setelah dibangun tanggul pemecah ombak, situs pun kembali direnovasi.

Jika sudah puas, Anda dapat menyusuri tanggul yang dibuat untuk keperluan Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Lhok Pawoh. Tanggul pemecah ombak ini berbentuk tanjung dengan panjang ratusan meter ke arah lautan luas. Ketika telah sampai di ujung, seakan-akan Anda sedang berada di tengah lautan. Pastilah siapa saja dapat memandang bebas daratan dengan barisan pegunungan menghijau.

Satu hal jangan sampai dilewatkan, tunggulah sampai matahari tenggelam. Ini kegiatan wajib yang harus dilakukan apabila mengunjungi sebuah pantai. Apalagi sunset di Ujong Manggeng benar-benar menawarkan keindahan tenggelamnya matahari secara penuh. 
Sunset di Ujong Manggeng | Sumber: Youtube

Anda dapat melihat proses matahari perlahan-lahan turun menyentuh horizon samudra, hingga hilang dibalik lautan. Duduklah di pondok atau kursi yang tersedia, nikmatilah langit jingga dan deburan suara ombak. Ujong Manggeng memang terkenal dengan geulumbang tujoh yang memilki ombak besar tiada putusnya. Ini semakin lengkap jika ditemani secangkir kopi.

Ada banyak warung yang berdiri, terutama menyediakan kelapa muda, aneka minuman dan makanan ringan. Bagi penikmat kopi, disarankan untuk mencoba kopi tradisional dengan citarasa berbeda, karena disangrai bersama beras sehingga menciptakan aroma yang lebih bango.

Pantai ini memang tidak memiliki fasilitas yang lengkap. Namun, Ujong Manggeng selalu memberi panorama menawan dan memiliki daya tarik tersendiri.[]

Rawoh lain: Wisata Labuhan Haji

Popular posts from this blog

Sejarah Ringkas Kenegerian Manggeng

Lupek, Kuliner Rakyat Jelata

Terkenang Beutong Ateuh Banggalang

Di Aceh, Menikah dan Khitanan "Harus" Berinai