Pesona Keumumu Hilir yang Jarang Dikunjungi

Rawohnaggroe | Kami masih berada di Aceh Selatan, tanah yang penuh dengan legenda. Bukan hanya terkenal karena keramahan dan keragaman masyarakatnya, daerah ini juga memiliki banyak keindahan alam yang mampu mebius siapa saja yang ke sana.
Cadas dekat Pantai Keumumu Hilir | Foto: TimRN

Alam membentang dari Krueng Baru sampai Kapai Seusak dekat Kota Subulussalam masih menyimpan banyak keindahan dan hal menarik yang belum tersentuh dan diekspos media. 

Sebagai kabupaten yang berhadapan langsung dengan Samudra Hindia, Aceh Selatan juga memilki banyak pantai yang indah. Salah satunya adalah Pantai Keumumu Hilir di Labuhan Haji Timur.  Letaknya tak begitu jauh dari Jalan Nasional, hanya sekitar 100 meter Lintas Blangpidie-Tapaktuan. Di sana ada sebuah pesantren yang dengan mudah terlihat dari jalan raya.

Tempat ini menawarkan daya tarik berupa bebatuan cadas yang tegak berdiri di dekat pantai, perairan tenang dan jejeran nyiur. Di sini gelombang kadang-kadang kuat menghempas bebatuan.

Di sana belum ada fasilitas apa pun. Kondisi pantai tenang dan alami belum tersentuh sama sekali. Pantai Keumumu Hilir sangat bagus dijadikan untuk lokasi foto prewedding, bersantai atau sekedar melihat matahari tenggelam. Bagi muda-mudi, tempat ini juga cocok untuk berkamping.
Di atas bukit kecil | Foto: TimRN

Sebuah bukit kecil di Pantai Keumumu Hilir juga bisa didaki. Di puncaknya, pengunjung bisa melihat kebiruan Lautan Hindia dari pinggiran Daratan Aceh. Di atas ada sebuah gua kecil yang memilki aura mistis saat Anda memasukinya. Kawasan ini juga cocok dijadikan sebagai spot pemancingan.

Sayang, masih belum banyak wisatawan yang mendatangi tempat ini. Walaupun sangat mudah diakses dan memilki daya tarik wisata, Pantai Keumumu Hilir jadi salah satu pesona Aceh Selatan yang belum tersentuh sama sekali.[]

Comments

Popular posts from this blog

Gunong Trans, Kehijauan Sejauh Mata Memandang

Terkenang Beutong Ateuh Banggalang

Keindahan Pantai Batee Puteh di Meukek

Di Aceh, Menikah dan Khitanan "Harus" Berinai