Panorama Hijau Memukau Bukit Jalin

Rawohnanggroe | Siapa bilang kota Jantho tertinggal? Bagi banyak pengunjung, kota ini memang dianggap kurang berkembang alias mati. Namun sebenarnya ibukota Aceh Besar ini memiliki potensi dan daya tarik tersendiri. Bagi saya Jantho adalah kota yang semarak, semarak akan kehijauan alamnya.
Krueng Linteung dari atas Bukit Jalin | Foto: Khairil

Tidak diragukan lagi, di dekat sini tersuguh banyak keindahan khas pegunungan. Salah satunya Panorama Bukit Jalin yang berlokasi di perbatasan Gampong Jalin-Suka Tani, Kecamatan Kota Jantho, Kabupaten Aceh Besar. Bagi seorang traveler Aceh kawasan perbukitan ini merupakan tempat yang wajib dikunjungi.

Setiap hari libur seperti hari minggu, Panorama Bukit Jalin selalu didatangi pengunjung, khususnya oleh mahasiswa dari Banda Aceh yang haus akan hiburan. Perjalanan dari Banda Aceh akan memakan waktu sekitar 1,5 jam, jika dari pusat Perkantoran Aceh Besar sekitar 15 menit saja. Kondisi jalan sudah lumayan bagus dan bisa ditempuh dengan kendaraan roda empat atau roda dua.

Sampai di Kawasan Bukit Jalin ditandai dengan sebuah jembatan yang melintas di atas Krueng Linteung. Pengunjung terlebih dahulu harus memarkirkan kendaraan ditempat yang sudah disediakan masyarakat dengan membayar beberapa ribu rupiah untuk keamanan.

Mulailah petualangan dengan menikmati kehijauan dan kejernihan air dari atas jembatan. Jika penasaran dengan kesejukan air kamu bisa turun ke bawah, basuhlah muka dan kaki. Jika ke sini jangan lupa bawa bekal seadanya, misalnya air mineral atau snack dan nikmatilah gemuruh air berlatar julang perbukitan.

Jika ingin lebih sempurna, dakilah perbukitan hingga ke puncak dan siap-siap terkesima dengan panorama indah nan pecah. Suguhan yang terhampar dari atas berupa deretan pegunungan menghijau dengan alur sungai yang meliuk lengkung.

Jalur pendakian berada di ujung jembatan ke arah Gampong Suka Tani, disebelah kanan jembatan. Dakilah hati-hati, karena jalurnya agak licin. Bagi kamu yang tidak terbiasa dengan pendakian, sebaiknya siapkan tenaga sebaik mungkin. Mari berkunjung![]

Kunjungi juga: Nyantai di Bendung Manggeng

Popular posts from this blog

Gunong Trans, Kehijauan Sejauh Mata Memandang

Terkenang Beutong Ateuh Banggalang

Keindahan Pantai Batee Puteh di Meukek

Di Aceh, Menikah dan Khitanan "Harus" Berinai